Senin, 27 Desember 2010

Kumpulan Kata Bijak dan Puisi Kehidupan

Benci tak hilangkan kenangan yang tercipta
Benci tak luluhkan hati yang mencinta
Benci hanya timbulkan rasa gundah di hati
Benci hanya hasilkan kebencian itu sendiri

Kemana akan ku bawa hati ini
Hati yang penuh dengan kegundahan karena benci
Mengapa hati manusia bisa terluka
Mengapa manusia tak hanya di beri bahagia

Seperti seorang Gibran pernah berkata tentang cinta
Biarkanlah dia memelukmu
Walaupun Pedang2 di balik sayapnya melukaimu

Cinta tak hanya memberi kebahagian
Tapi juga memberi kesedihan
Tapi kadang kesedihan yang di berikan cinta
Adalah satu kebahagiaan seorang pecinta

"Boleh jadi kamu mencintai sesuatu, padahal ia teramat buruk
bagimu. Dan bisa jadi kamu membenci sesuatu, tetapi sebenarnya ia baik
bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak tahu banyak".


Kuingat kata-kata mutiara yang menusuk dalam batin.
"Orang mulia menyalahkan dirinya, orang bodoh menyalahkan orang lain"
Mengenal diri yang paling penting, adalah utama demi kesadaran jagat raya.
Berarti pula memahami kesalahan, serta kekeliruannya masing-masing.

Semakin banyak yang dipikirkan.
Semakin banyak yang dibutuhkan.
Berarti semakin menumpuk pula resikonya.

Menunggu sangatlah mengesalkan, membosankan dan menggelisahkan.
Meskipun duduk dalam mobil mewah dan cukup makanan.
Apalagi ulahnya orang pemalas.
Yang seumur-umur hanya menunggu waktu yang tidak kunjung berakhir.

Mendidik bukan hanya dengan nasihat saja.
Sebab yang menjadi sukses adalah memberikan contoh dengan perbuatan yang baik.
Sesuai dengan apa yang dikatakannya.
Jangan lain di kata lain di perbuatan.

Semua yang ada di sekitar kita, meskipun tinggi nilainya, tidak ada artinya sama sekali.
Tampaknya seakan semua gersang, jika kita terjangkit penyakit bosan.

Sesuatu yang baik, belum tentu benar.
Sesuatu yang benar, belum tentu baik.
Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga.
Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.


Ada kekuatan di dalam cinta,
Orang yang sanggup memberikan cinta adalah
orang yang kuat
Karena ia bisa mengalahkan keinginannya
Untuk mementingkan diri sendiri.

Ada kekuatan dalam tawa kegembiraan,
Orang tertawa gembira adalah orang yang kuat
Karena ia tidak pernah terlarut dengan
tantangan dan cobaan.

Ada kekuatan di dalam kedamaian diri
Orang yang dirinya penuh damai bahagia adalah
orang yang kuat
Karena ia tidak pernah tergoyahkan
Dan tidak mudah diombang-ambingkan.

Ada kekuatan di dalam kesabaran,
Orang yang sabar adalah orang yang kuat
Karena ia sanggup menanggung segala sesuatu
Dan ia tidak pernah merasa disakiti.
Ada kekuatan di dalam kemurahan,
Orang yang murah hati adalah orang yang kuat
Karena ia tidak pernah menahan mulut dan
tangannya
Untuk melakukan yang baik bagi sesamanya.

Ada kekuatan di dalam kebaikan,
Orang yang baik adalah orang yang kuat
Karena ia bisa selalu mampu melakukan yang
baik bagi semua orang.

Ada kekuatan di dalam kesetiaan,
Orang yang setia adalah orang yang kuat
Karena ia bisa mengalahkan nafsu dan keinginan
pribadi
Dengan kesetiaannya kepada Allah dan sesama.

Ada kekuatan di dalam kelemahlembutan,
Orang yang lemah lembut adalah orang yang kuat
Karena ia bisa menahan diri untuk tidak
membalas dendam.

Ada kekuatan di dalam penguasaan diri,
Orang yang bisa menguasai diri adalah orang
yang kuat
Karena ia bisa mengendalikan segala nafsu
keduniawian.

Sadarkah teman bahwa engkau juga memiliki
cukup Kekuatan untuk mengatasi segala
permasalahan
dalam hidup ini?
Dimanapun, seberat dan serumit apapun juga.
Karena pencobaan tidak akan pernah dibiarkan
melebihi kekuatan kita.


"Manusia adalah makhluk rapuh yg sombong....
Ketegaran hanyalah kerikil2 di kali
Matahari adalah lentera yang masanya nanti padam jua


Bulan akan selalu redup...
Dan bintang tak pernah bersanding
Dengan bulan........


Namun,,
Cinta tak akan pernah hilang
walau bumi goncang...
Cinta senantiasa hidup..dan cinta..
Tak akan pernah gersang..
Sebab manusia diciptakan dgn segala nurani..."


Cinta ini agung,
Aku telah merasakannya,aku telah mengalaminya,
Aku pernah mencintainya,aku pun pernah membencinya,
Untuk sebuah alasan,untuk sebuah pengorbanan,
Untuk sebuah keadaan,untuk sebuah pencucian hati,
Tapi belum untuk segala hal yang dapat di tanggungnya....

Cinta ini agung,
Aku sangat memperdulikannya,aku sangat mengakuinya ada,
aku terkadang tak mempercayainya,aku pun sering kali sangat meyakininya,
Untuk satu pembaharuan diri,untuk satu kesendirian,
Untuk satu kegelisahan,untuk satu pendewasaan hati,
Tapi belum untuk segala yang dapat digantikannya...

Cinta ini agung,
Aku sudah melukainya,aku sudah menderanya,
Aku sekali-kali melupakannya,aku berkali-kali mengingatnya kuat,
Untuk jalan yang lebih pandai,untuk jalan yg tinggi menjulang,
Untuk jalan yang curam,untuk jalan yg di penuhi ketidakpastian,
Tapi belum untuk segala hal yang dapat dijalaninya...

Cinta ini agung,
Aku cukup mengorbankannya,aku cukup menjadikannya berduka,
Aku cukup membuatnya bertanya-tanya,aku cukup memberikan kesaksian,
Untuk kasih yang nyata,untuk kasih yg sebenarnya,
Untuk kasih yg terjatuh,untuk kasih yang dihinggapi kekurangberuntungan
Tapi belum untuk segala hal yang dapat diperhatikannya...

Cinta ini agung,
Aku belum melupakannya,aku belum meninggalkannya,
Aku belum kuasa melepaskannya,aku belum jauh daripadanya,
Untuk aku yang menyatakan semuanya,untuk aku yg bersamanya,
Untuk aku yang memilihnya,untuk aku yang setia dalam kata-katanya,
Tapi belum untuk segala hal yang dapat dimilikinya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat kemajuan blog ini, tidak ada salahnya untuk meninggalkan komentar sebelum keluar